6 Daftar Media Sosial Dengan Pengguna Aktif Terbanyak di Dunia

Pusat Kesenangan – Daftar ini diberi berdasarkan data terbaru tentang pengguna aktif bulanan atau Monthly Active Users (MAU). Meskipun melihat banyaknya jumlah pengguna yang dimiliki setiap situs merupakan hal yang berguna, bukan berarti situs dengan basis pengguna terbesar adalah yang terbaik untuk merek Anda. Jika audiens target Anda tidak aktif di sana, platform tersebut tidak sebanding dengan waktu dan upaya yang diperlukan untuk mengelolanya. Berikut adalah 6 daftar sosial media dengan pengguna aktif terbanyak.

1. Facebook – 3,05 Milyar MAU

Facebook adalah situs jejaring sosial terbesar, dengan lebih dari 3 miliar orang menggunakannya setiap bulan, menurut Statista. Artinya, sekitar 37 persen populasi dunia adalah pengguna Facebook. Aplikasi perpesanan langsung Facebook, Facebook Messenger, memiliki 931 juta pengguna aktif bulanan. Lebih dari 200 juta bisnis (kebanyakan usaha kecil) menggunakan alat Facebook, dan lebih dari tujuh juta pengiklan secara aktif mempromosikan bisnis mereka di Facebook, sehingga ini merupakan pilihan yang cukup aman jika Anda ingin hadir di media sosial.

Memulai di Facebook sangatlah mudah karena hampir semua format konten berfungsi dengan baik di Facebook — teks, gambar, konten video, dan Stories. Namun algoritme Facebook memprioritaskan konten yang memicu percakapan dan interaksi bermakna antara orang-orang, terutama dari keluarga dan teman.

2. WhatsApp – 2,78 Milyar MAU

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang digunakan oleh orang-orang di lebih dari 180 negara, dan diperkirakan memiliki 2,78 pengguna aktif, menurut Statista. Awalnya, orang-orang awalnya menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan teks ke keluarga dan teman mereka, namun peluncuran WhatsApp Business pada tahun 2018 telah menjadikan platform perpesanan ini menjadi pilihan populer bagi merek. WhatsApp Business melaporkan memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan pada Juni 2023.

Platform bisnis WhatsApp memungkinkan bisnis untuk memberikan dukungan pelanggan dan berbagi informasi terbaru dengan pelanggan tentang pembelian mereka. Untuk usaha kecil, tersedia aplikasi WhatsApp Business, sedangkan bisnis perusahaan dapat menggunakan WhatsApp Business API.

3. YouTube – 2,49 Milyar MAU

YouTube adalah platform berbagi video tempat pengguna menonton satu miliar jam video setiap hari nya. Selain menjadi aplikasi media sosial terbesar kedua, YouTube sering disebut sebagai mesin pencari terbesar kedua setelah Google, perusahaan induknya. Jadi, jika Anda menggunakan video untuk mempromosikan bisnis Anda, Anda pasti perlu menambahkan YouTube ke strategi pemasaran Anda.

Untuk memulai, berikut cara membuat saluran YouTube untuk merek Anda. Untuk membantu video Anda ditemukan oleh lebih banyak orang, sebaiknya baca tentang SEO YouTube atau pertimbangkan untuk beriklan di YouTube untuk meningkatkan jangkauan Anda.

4. Instagram – 2,04 Milyar MAU

Sebagai platform jejaring sosial visual, Instagram adalah tempat untuk menampilkan produk atau layanan Anda melalui foto atau video. Di aplikasi ini, Anda dapat berbagi berbagai macam konten, seperti foto, video, Stories, Reel, dan video langsung. Sebagai merek, Anda dapat membuat profil bisnis Instagram, yang memberikan analisis lengkap tentang profil dan postingan Anda serta kemampuan untuk menjadwalkan postingan Instagram menggunakan alat pihak ketiga.

Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk mendapatkan konten buatan pengguna dari audiens Anda karena pengguna sering berbagi konten dan menandai merek. Untuk membantu Anda menggunakan Instagram seperti seorang profesional, lihat panduan lengkap pemasaran Instagram kami.

5. WeChat – 1,32 Milyar MAU

WeChat dirilis pada tahun 2011 oleh Tencent, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Tiongkok. Dengan lebih dari 1,32 miliar pengguna bulanan, 80 persen total populasi Tiongkok aktif menggunakan aplikasi ini. Seperti WhatsApp dan Messenger, WeChat awalnya merupakan aplikasi perpesanan, namun kini berkembang menjadi platform lengkap. Selain berkirim pesan dan menelepon, pengguna dapat berbelanja online, membayar tagihan, membeli bahan makanan, mentransfer uang, membuat reservasi, memesan taksi, dan banyak lagi.

WeChat adalah aplikasi media sosial paling populer di Tiongkok dan wilayah Asia lainnya. Jadi jika Anda ingin meningkatkan merek Anda di Tiongkok (di mana jejaring sosial populer seperti Facebook dan X dilarang), WeChat adalah alternatif yang baik. Anda dapat menjalankan iklan di akun resmi WeChat atau di WeChat Moments. Ada juga banyak influencer berbasis WeChat yang dapat membantu merek Anda menjangkau jutaan konsumen Tiongkok.

6. TikTok – 1,22 Milyar MAU

TikTok (dikenal sebagai Douyin di Tiongkok) adalah aplikasi berbagi video berdurasi pendek. Meskipun baru diluncurkan pada tahun 2017, ini adalah salah satu aplikasi dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan baru-baru ini menyalip Google sebagai situs internet yang paling banyak dikunjungi.​ TikTok memungkinkan pengguna membuat dan berbagi video berdurasi antara 15 detik dan 10 menit, dan aplikasi ini memiliki katalog efek suara, cuplikan musik, dan filter yang luas untuk menyempurnakan video dan membuatnya lebih menarik.

Anda dapat menemukan video yang berkaitan dengan hampir semua minat, mulai dari sinkronisasi bibir, menari, dan tantangan hingga trik DIY dan tutorial tata rias. Sekitar 47,4 persen pengguna TikTok di AS berusia 10-29 tahun. Jadi, jika target demografis Anda masih muda, maka TikTok adalah platform media sosial yang bagus untuk menjalankan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *