Cara Mengurangi dan Mengatasi Stres Berlebihan

Pusat Kesenangan – Cara mengatasi atau mengurangi stres bisa dilakukan dengan hal-hal yang sederhana dan menyenangkan. Berbagai upaya untuk mengatasi stres dilakukan untuk mencegah risiko gangguan kesehatan akibat stres yang dibiarkan berlarut-larut. Stres adalah kondisi yang sangat umum.Dalam kondisi normal, stres bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika harus menyelesaikan suatu tugas sebelum tenggat waktu. Agar stres tidak bertambah semakin parah dan menimbulkan gangguan kesehatan, ada baik nya bagi setiap orang untuk dapat mengurangi dan mengendalikan stres dengan baik.

CARA MUDAH MENGATASI STRES

Langkah utama dalam mengatasi stres adalah mencari tahu penyebab stres yang muncul. Dengan begitu, Anda bisa menemukan jalan keluarnya. Jika masalah penyebabnya bisa teratasi, maka stres juga bisa teratasi dengan sendirinya.

Namun, seringkali penyebab stres sulit diidentifikasi. Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan khawatir karena beberapa hal berikut ini bisa dilakukan untuk mengatasi stres dan membuat pikiran lebih rileks:

1. Ekspresikan keluhan Anda

Memendam perasaan bisa membuat Anda semakin stres. Lebih baik, lepaskan beban pikiran Anda dengan mengungkapkan segala hal yang Anda rasakan atau khawatirkan kepada orang terdekat atau psikolog.

Dengan melampiaskannya, Anda bisa mendapatkan perspektif baru yang mungkin membantu memecahkan masalah yang membuat stres. Percayalah, setelah semua keluhan terucap, perasaan Anda akan jauh lebih baik.

2. Berolahraga secara teratur

Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, olahraga juga dapat menghilangkan stres. Dengan berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan meningkatkan mood. Selain itu, Anda juga bisa mengalihkan pikiran dengan berolahraga.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat untuk menghilangkan stres. Lakukan saja olahraga sederhana seperti jalan santai atau bersepeda selama 30 menit. Lakukan aktivitas positif ini selama 150 menit per minggu.

3. Mengkonsumsi makanan bergizi

Jenis makanan yang dikonsumsi sangat mempengaruhi kesehatan Anda, termasuk kesehatan mental. Untuk mengurangi stres, Anda disarankan mengonsumsi makanan padat nutrisi, terutama yang kaya vitamin B dan magnesium, yang berperan penting dalam mengatur suasana hati.

Pilihan makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi stres adalah sayur mayur, ikan, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan.

4. Lakukan meditasi

Meditasi atau yoga yang dilakukan secara rutin dapat menenangkan pikiran Anda. Aktivitas ini dapat menurunkan kadar hormon stres yaitu hormon kortisol sehingga Anda bisa lebih tenang. Saat bermeditasi, Anda bisa fokus pada pikiran positif dan melakukan afirmasi positif.

5. Lakukan aktivitas yang menyenangkan

Saat stres, cobalah menyisihkan waktu untuk me time dengan melakukan aktivitas menyenangkan, seperti memasak, berkebun, membaca buku, melukis, bernyanyi, bermain dengan hewan peliharaan, atau menulis jurnal.

Aktivitas tersebut akan membuat tubuh memproduksi hormon bahagia yaitu hormon dopamin sehingga tubuh dan pikiran bisa lebih rileks. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pijat refleksi dan menggunakan aromaterapi untuk meningkatkan mood dan citra diri.

6. Fokus pada masa kini

Jangan terjebak dengan peristiwa yang terjadi di masa lalu, apalagi jika peristiwa tersebut membuat Anda sedih. Jalani saja hidup sekarang dan jangan khawatir dengan apa yang akan terjadi nanti. Menjalani hidup dengan perasaan bahagia dan pikiran positif juga bisa memberikan pengaruh baik untuk kehidupan Anda di masa depan.

Selain cara mengatasi stres di atas, pastikan Anda juga cukup tidur. Anda juga disarankan untuk menghentikan kebiasaan buruk, seperti merokok, meminum minuman beralkohol, bahkan menggunakan obat-obatan, yang kerap dilakukan untuk mengalihkan stres. Selain tidak sehat, kebiasaan ini juga tidak efektif untuk mengatasi stres.

Jangan biarkan stres berlarut-larut dan bertambah parah hingga menimbulkan gangguan kesehatan. Jika berbagai cara mengatasi stres di atas tidak berhasil mengurangi stres yang Anda rasakan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan pengobatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *